Vaksin Covid

Komisi Fatwa MUI meminta umat muslim untuk menyebarkan kabar baik ini agar proses vaksinasi bisa berjalan lancar. Di Indonesia, pemerintah sudah menyatakan akan menyertakan ulama muslim dalam proses pengadaan dan sertifikasi vaksin Covid-19. Pemerintah sejumlah negara Muslim telah mengambil langkah untuk mengatasi masalah tersebut.

Vaksin Sinovac babi

Selanjutnya, pendapat Qasthalani dalam Irsyadu as-Sari yang menjelaskan, berobat karena sakit dan menjaga diri dari wabah adalah wajib. Kendati demikian, masih diperlukan uji kehalalan dari Majelis Ulama Indonesia guna mendapatkan sertifikasi halal resmi. Namun Pimpinan sidang Bahtsul Masail Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur Ahmad Asyhar Shofwan, beberapa waktu lalu menegaskan jika vaksin tidak mengandung najis. Ia pun menjelaskan vaksin Sinovac maupun Astrazeneca hukumnya wajib dikuti atau ditaati oleh seluruh masyarakat. Karena, vaksin Sinovac tidak memanfaatkan dan menggunakan intifa’ atau intifa’ babi dan bahan yang tercemar babi serta turunannya. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut memastikan jika vaksin Covid-19 dari Sinovac dipastikan halal dan suci.

JAKARTA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut memastikan jika vaksin Covid-19 dari Sinovac dipastikan halal dan suci. PT Biofarma pada tanggal 27 Agustus 2020, menerima surat pernyataan dari Sinovac Biotech bahwa vaksin tersebut tidak mengandung gelatin babi. Majelis Ulama Indonesia menjelaskan hasil kajian yang dilakukan oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetik terhadap proses pembuatan vaksin Covid-19 Oxford-Astrazeneca. Pendaftaran vaksin Astrazeneca melalui sistem CEROL dengan nomor registrasi tercatat pada 19 Februari oleh PT Bio Farma yang ditunjuk sebagai distributor untuk pengadaan vaksin Astrazeneca. Sementara itu, Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur KH Marzukki Mustamar tidak berani mengeluarkan fatwa soal unsur babi dalam vaksin. Namun, sebagaimana dilansir dari Reuters, Minggu (21/3), MUI tetap menyetujui penggunaan vaksin AstraZeneca karena dalam situasi darurat pandemi.

Untuk melepas sel tersebut, dibutuhkan tripsin, alias enzim yang diekstrak dari pankreas hewan . Meski haram, MUI menyatakan vaksin AstraZeneca masih boleh digunakan dengan syarat. Ketua MUI, Kiai Cholil Nafis, menjelaskan, dalam fikih Islam, istilah ‘halal’ berbeda dengan istilah ‘boleh’ untuk memenuhi kebutuhan mendesak.

Keunggulan vaksin Moderna adalah hanya perlu pendinginan minus 30° C dan tahan seminggu dalam lemari pendingin biasa. Dipaparkan Ahmad, platform vaksin Covid-19 yang dikembangkan Sinovac sebenarnya menggunakan teknologi yang sudah lama dan mapan, yakni menggunakan partikel virus. KOMPAS.com – Di beberapa grup whatsApp dan web beredar berita yang cukup heboh perihal kandungan vaksin Covid-19 Sinovac yang tercantum dalam kemasan.

Galur sel seperti sel vero ini menjadi sistim model atau “alat/tools” yang digunakan secara luas baik untuk kepentingan riset dasar di bidang virologi maupun industri farmasi termasuk industri vaksin. Selain karena mudah ditumbuhkan dan diperbanyak, sel vero memiliki kelebihan diantaranya dapat membiakkan virus dalam jumlah besar sehingga bagi industri, biaya yang dibutuhkan untuk memproduksi virus dalam jumlah massal menjadi lebih ekonomis. Dari satu batch perbanyakan virus misalnya, sel Vero dapat menghasilkan jutaan partikel virus per mililiter. Dalam percobaan-percobaan di laboratorium virologi, selain digunakan untuk mengisolasi dan memperbanyak berbagai macam virus, sel Vero juga adalah mannequin “in vitro”yang well-liked untuk mempelajari karakter dan sifat virus. Dengan sel vero yang sudah teruji klinis, aman, stabil dan diakui WHO ini maka pabrik vaksin tidak lagi melakukan riset dan penelitian yang memakan waktu puluhan tahun untuk mendapatkan cell sebagai inang untuk menumbuhkan virus. Enzim tripsin babi diperlukan sebagai katalisator untuk memecah protein menjadi peptida dan asam amino yang menjadi bahan makanan kuman.